cover
Contact Name
Dwi Pela Agustina
Contact Email
pikma@amikom.ac.id
Phone
+6287711948294
Journal Mail Official
pikma@amikom.ac.id
Editorial Address
Building VI.3.2 Universitas AMIKOM Yogyakarta Jl. Ringroad Utara, Condongcatur, Depok Sleman, Yogyakarta, 55283 Phone: +62 274-884201 ext. 632
Location
Kota yogyakarta,
Daerah istimewa yogyakarta
INDONESIA
Jurnal PIKMA : Publikasi Ilmu komunikasi Media dan Cinema
ISSN : 26225476     EISSN : 26556405     DOI : https://doi.org/10.24076/pikma
Core Subject : Education,
Jurnal PIKMA : Publikasi Ilmu komunikasi Media dan Cinema adalah publikasi ilmiah yang pertama kali terbit pada tahun 2018. Jurnal PIKMA dipublikasikan oleh Program Studi Ilmu Komunikasi, Fakultas Ekonomi dan Sosial, Universitas AMIKOM Yogyakarta. Selain itu, Jurnal PIKMA diterbitkan dua kali dalam setahun, yakni bulan Maret dan September. Adapun fokus tulisan Jurnal PIKMA adalah mengenai Media Baru dan Teknologi Komunikasi (New Media and Communication Technologies), Media dan Jurnalistik (Media and Journalism), Komunikasi Pemasaran (Marketing Communication), Kajian Film (Film Studies), Komunikasi Antar Budaya (Cross-cultural communication), Komunikasi Politik (Political communication) dan Teknologi Informasi dan Komunikasi (Information and Communication Technology).
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol. 2 No. 2 (2020): Maret 2020" : 5 Documents clear
Analisis Framing Pemberitaan Pemecatan Direktur Utama Garuda Indonesia oleh Menteri BUMN Erick Tohir pada Republika Online Alkomari
Jurnal PIKMA : Publikasi Ilmu Komunikasi Media Dan Cinema Vol. 2 No. 2 (2020): Maret 2020
Publisher : Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas AMIKOM Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (542.253 KB) | DOI: 10.24076/PIKMA.2020v2i2.398

Abstract

Pemecatan Direktur Utama Garuda Indonesia Ari Baskhara oleh Menteri BUMN Erick Tohir mendapat perhatian masyarakat luas karena mendapat sorotan media. Salah satunya Republika Online yang sangat intensif dalam mengekspos pemecatan Direktur Utama Garuda Indonesia Ari Baskhara yang terlibat dalam kasus penyelundupan Harley Davidson. Penelitian ini mengangkat permasalahan bagaimana framing atau bingkai Republika Online terhadap Pemberitaan Pemecatan Direktur Utama Garuda Indonesia Ari Baskhara. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui bagaimana framing Portal Republika terhadap Pemberitaan Pemecatan Direktur Utama Garuda Indonesia Ari Baskhara. Penelitian dilakukan dengan paradigma kritis melalui pendekatan kualitatif deskriptif. Acuan teori yang digunakan adalah dengan teori konstruksi sosial atas realitas. Sedangkan untuk mengetahui pembingkaian Portal Republika digunakan Model Framing Robert M. Entman. Hasil analisis Framing Robert M. Entman menyatakan bahwa Republika Online menonjolkan ketegasan Menteri BUMN Erick Tohir yang mencopot Direktur Utama Garuda Indonesia Ari Askhara. Pemberitaan Republika Online juga menciptakan realitas citra positif tentang kinerja Menteri BUMN Erick Tohir. Meskipun Erick Tohir sudah tidak menjabat dalam direksi PT Mahaka Media Tbk, selaku holding yang menaungi Republika Online namun masih ada relasi di antara Erick Tohir dengan Republika Online. Sehingga pemberitaan Republika Online cenderung memihak Menteri BUMN Erick Tohir. Hal itu terlihat dari hasil konstruksi yang dilakukan Republika Online atas peristiwa penyelundupan suku cadang Harley Davidson yang melibatkan Direktur Utama Garuda Indonesia Ari Baskhara.
Pengaruh Kualitas Akun Instagram terhadap Minat Komunitas Membaca Media Lokal Immanuel Dwi Asmoro Tunggal
Jurnal PIKMA : Publikasi Ilmu Komunikasi Media Dan Cinema Vol. 2 No. 2 (2020): Maret 2020
Publisher : Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas AMIKOM Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1097.889 KB) | DOI: 10.24076/PIKMA.2020v2i2.399

Abstract

Kini semakin banyak tantangan yang harus dihadapi oleh industri media. Terutama yang dihadapi oleh industri media cetak. Tantangan datang dari berbagai sudut, baik itu tantangan yang datang dari sesama jenis media, juga tantangan yang datang dari media jenis yang berbeda. Salah tantangan tersebut adalah dari kehadiran media online. Kehadiran media online telah mengubah kebiasaan masyarakat dalam mencari infomrasi melalui media. Penelitian ini dilakukan untuk melihat media lokal di Jawa Tengah. Suara Merdeka sebagai surat kabar tertua di Jawa Tengah harus menghadapi tantangan tersebut. Melalui akun instagram ini, Suara Merdeka berusaha mendorong komunitas untuk memiliki minat membaca Suara Merdeka. Penelitian ini ditujukan untuk melihat sebarapa jauh pengaruh kualitas akun instagram Suara Merdeka terhadap Minat Membaca. Penelitian ini menggunakan teori Hierarchy of Effect Model. Sampel yang digunakan adalah 94 orang yang berasal dari 19 komunitas yang berbeda. Hasil dari penelitian ini adalah terdapat hubungan yang positif dan pengaruh yang signifikan antara kualitas akun instagram terhadap Minat Membaca.
Wacana Standar Kecantikan Perempuan Indonesia pada Sampul Majalah Femina Ghela Rakhma Islamey
Jurnal PIKMA : Publikasi Ilmu Komunikasi Media Dan Cinema Vol. 2 No. 2 (2020): Maret 2020
Publisher : Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas AMIKOM Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (595.006 KB) | DOI: 10.24076/PIKMA.2020v2i2.400

Abstract

Peran media dalam kehidupan sosial dapat mempresentasikan berbagai informasi dan ide kepada khalayak. Secara tidak langsung, media telah memberi peran dalam membentuk konstruksi sosial yang berkembang di masyarakat. Tidak dipungkiri pula, media telah turut andil dalam memberikan identitas dari standar kecantikan. Salah satu media cetak hiburan adalah majalah. Di Indonesia, majalah Indonesia beragam jenisnya, namun yang telah cukup lama bergaung di Indonesia dan menjadi kegemaran banyak perempuan Indonesia, yakni majalah Femina. Sebagai daya tarik majalah, sampul majalah merupakan hal yang pertama kali diperhatikan. Sebagai majalah perempuan, Femina memakai wajah perempuan untuk cover majalah mereka. Hal ini dilakukan untuk mempertegas identitas mereka sebagai majalah perempuan. Perempuan dalam sampul majalah Femina adalah perempuan yang dianggap cantik dan sesuai dengan isu yang ada pada majalah tersebut. Tulisan ini membahas konstruksi sampul majalah Femina menampilkan standar kecantikan perempuan Indonesia. Penelitian ini menggunakan pendekatan konstruksitivisme dengan metode semiotik dari Roland Barthes. Sampul majalah Femina mencerminkan bahwa perempuan adalah seorang ibu sekaligus seorang istri, juga memiliki karir yang sukses. Hasil penelitian ini menggambarkan standar kecantikan perempuan Indonesia yang dimunculkan pada majalah Femina adalah muda, berkulit mulus dan putih, bertubuh langsing, menggunakan busana yang sedang tren (high fashion), menggunakan makeup yang tidak berlebihan, dan seksi sekaligus kuat (memiliki power).
Perilaku Konsumen dalam Keputusan Pembelian Sepatu AZA 6 Edisi Hari Merdeka Erisha Nurfatimah; Windhi Tia Saputra; Ratu Nadya Wahyuningratna
Jurnal PIKMA : Publikasi Ilmu Komunikasi Media Dan Cinema Vol. 2 No. 2 (2020): Maret 2020
Publisher : Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas AMIKOM Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (465.627 KB) | DOI: 10.24076/PIKMA.2020v2i2.401

Abstract

Fenomena merek sepatu Ardiles yang berkolaborasi dengan DBL Indonesia menghasilkan produk sepatu AZA 6 edisi Hari Merdeka yang diluncurkan tanggal 12 Agustus 2019 dan berhasil terjual habis hanya dalam empat hari setelah tanggal perilisannya menjadi hal yang menarik untuk diteliti. Karena melihat pasar sepatu Indonesia di tahun 2018 khususnya sepatu olaraga, brand sepatu internasional masih unggul jauh Nike memimpin dengan 30%, sementara Ardiles berada di urutan kelima dengan 3,7%. Namun ditengah gempuran brand asing, Ardiles berhasil menarik banyak konsumen untuk melakukan pembelian produk baru mereka. Dengan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif penelitian ini akan melakukan analisis pada perilaku konsumen dalam pengambilan keputusan pembelian Sepatu AZA 6 edisi Hari Merdeka. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa wawancara mendalam dengan informan yang berasal dari konsumen sepatu AZA 6 edisi Hari Merdeka langsung, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan dalam melakukan keputusan pembelian, perilaku konsumen dipengaruhi oleh berbagai faktor yang dapat memberikan konsumen kepuasan, seperti keterbatasan produk yang menjadikannya eksklusif, keunikan konsep dan desain produk, kualitas produk, hingga harga yang ditawarkan.
Board Game Arkeologi sebagai Media Komunikasi Pemasaran Efektif Sheila Lestari Giza Pudrianisa; Rizky
Jurnal PIKMA : Publikasi Ilmu Komunikasi Media Dan Cinema Vol. 2 No. 2 (2020): Maret 2020
Publisher : Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas AMIKOM Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (473.959 KB) | DOI: 10.24076/PIKMA.2020v2i2.402

Abstract

Terobosan serta teknologi di bidang informatika telah membuat segalanya terasa lebih mudah dan efisien, khususnya dalam pemanfaatan sebagai media pemasaran. Perkembangan dari teknologi komunikasi ini yang mendorong pengembang dari pelaku komunikasi pemasaran untuk dapat melakukan kegiatan pemasaran melalui media online salah satunya game. Permasalahan pada penelitian ini adalah peneliti akan menganalisis apakah board game arkeologi dapat digunakan sebagai media komunikasi pemasaran yang efektif sehingga tujuan dari penelitian ini adalah merancang tangible board game arkeologi yang digunakan untuk memberi informasi dan mempersuasi konsumen terhadap suatu brand sebagai media komunikasi pemasaran yang efektif dapat terjawab. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan kriteria informan umur 19-29 tahun dan 30-49 tahun sebanyak 8 orang yang berjenis kelamin random yaitu, laki-laki berjumlah 5 orang dan perempuan berjumlah 3 orang dengan tingkat pendidikan rata-rata Sarjana Strata-1. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi langsung, wawancara mendalam dan dokumentasi dengan metode pembuatan game menggunakan basis MDA (Mechanic, Dynamic, Aesthetic). Hasil dari penelitian ini yaitu board game arkeologi dapat digunakan sebagai media pemasaran yang efektif karena selain pengunjung mendapatkan informasi baru terkait situs-situs arkeologi khususnya candi, pengunjung juga tertarik ingin mengunjungi tempat-tempat lain yang serupa setelah mendapatkan informasi melalui board game arkeologi tersebut.

Page 1 of 1 | Total Record : 5